10 Perawatan Motor Sport Injeksi Yamaha yang Baik dan Benar

foto motor sport injeksi yamaha terbaru

Siapa sih yang nggak pengen performa motor terus prima tak termakan usia? Penulis yakin sebagian besar pembaca artikel ini ingin performa motor tetap prima hingga mencari informasi tentang cara merawat motor sport injeksi lalu akhirnya nyasar ke artikel kali ini.

Perawatan memang salah satu ritual paling manjur untuk menjaga performa motor baik yang menggunakan sistem pembakaran konvensional atau karburator atau motor moderen era masa kini yang menggunakan sistem injeksi.

Merawat motor memang pun nggak bisa dilakukan sembarangan, kamu perlu mengetahui waktu yang tepat kapan harus mengganti part dan juga beberapa hal lainnya seperti oli serta radiator.

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara perawatan motor new vixion, sebuah motor sport bersistem pembakaran injeksi berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Cara merawat new vixion ini juga bisa dipraktekan pada motor sport Yamaha lainnya seperti R15, Xabre, MT25, R25, bahkan bisa dipraktekkan juga untuk motor sport pabrikan lainnya.

Perawatan motor new vixion dan motor sport yamaha lainnya yang kami bahas kali ini gampang banget, dijamin kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu repot-repot ke bengkel. Seperti apa kira-kira, langsung saja yuk disimak cara merawat new vixion yang baik dan benar berikut ini.

1. Oli

Sejak jaman motor ngebul dan motor menggunakan platina, oli merupakan salah satu hal terpenting pada motor. Hadirnya oli sebagai pelumas motor memang penting banget, peran oli adalah mengurangi gesekan antar part mesin.

Umumnya oli memiliki usia pakai yang ditentukan dengan jarak tempuh. Saya pribadi melakukan penggantian oli setiap 1.500 KM, kamu juga bisa mengecek ketinggian oli menggunakan dipstik, jangan menunda-nunda penggantian oli karena jika telat akan membuat mesin mengalami kerusakan.

Ada banyak sekali oli yang beredar di pasaran, sebagai pengguna motor yamaha, kita perlu mendengarkan saran Valentino Rossi yang berkata 'Yamaha motornya, Yamalube olinya'.

Untuk motor sport seperti Vixion Series, Byson, Xabre, MT 25, R15 dan R25 ada oli Yamalube Sport dan Yamalube Super sport yang didesain khusus untuk melumasi mesin besutan Yamaha.

2. Filter Oli

Perawatan yang kedua ini sering kali dihiraukan, padahal peran filter oli pada sebuah mesin penting sekali. Fungsi filter oli adalah sebagai penyaring kotoran-kotoran yang ada pada mesin, jika tidak diganti bisa-bisa penyaringan tidak akan maksimal yang apabila dibiarkan terus-menerus akan mengakibatkan rusaknya motor.

Kapan harus mengganti filter oli? Menurut para montir bengkel, filter oli harus diganti tiap 3 kali penggantian oli. Namun jika kamu menggunakan filter oli yang terbuat dari kawat, cukup dibersihkan saja.

3. Air Radiator

Seperti yang diketahui motor 150 cc jaman sekarang dibekali dengan sistem pendingin cair yang menggunakan air radiator layaknya pendingin mobil. Fungsi air radiator tersebut adalah sebagai penjaga suhu mesin ketika bekerja.

Umumnya penggantian air radiator dilakukan ketika jarak tempuh sudah mencapai 10.000 s/d 20.000 KM. Kamu juga bisa mengecek tabung resevoir yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air radiator.

Yamaha memiliki produk cairan radiator khusus yang bernama Yamacoolant. Yamacoolant bisa kamu dapatkan di bengkel-bengkel resmi Yamaha terdekat di kota kamu, usahakan menggunakan Yamacoolant karena cairan radiator tersebut di desain khusus untuk motor sport besutan Yamaha.

4. Busi

Walaupun bentuknya kecil, busi memiliki peran penting dalam proses pembakaran motor. Jangan tunggu busi mati baru mengganti dengan yang baru, sama halnya oli dan air radiator busi juga memiliki usia pakai berkisar 8.000 - 15.000 KM.

Harap gunakan busi sesuai dengan kode bawaan busi original. Yamaha sendiri sudah merilis produk busi original yang terdiri dari busi standar dan busi iridium. Seperti diketahui busi berkode CR8E bisa digunakan untuk New Vixion sedanngkan busi CR9E cocok untuk digunakan R15, MT15, Xabre dsb.

5. Filter Udara

Jangan lupa juga untuk memperhatikan filter udara. Fungsi filter udara adalah menyaring debu dan kotoran supaya tidak masuk ke sistem injeksi dan memastikan ruang bakar tetap bersih. Tanpa filter udara segala kotoran akan masuk dengan mudahnya yang apabila dibiarkan akan mengakibatkan rusaknya motor.

Mengingat fungsinya yang menyaring kotoran, tentu filter udara akan sangat kotor maka dari itu perlu sekai untuk diganti secara berkala. Umumnya filter udara motor harus diganti antara 10.000-20.000 kilometer sekali.

6. Carbon cleaner

Yang ke-enam kamu harus selalu memperhatikan kebersihan pembakarannya. Setelah terjadi pembakaran munculah kerak-kerak yang jika dibiarkan akan membuat performa turun drastis. Tapi kamu tenang saja, ada yamalube carbon cleaner yang bisa membersihkan bekas-bekas pembakaran tanpa harus membongkar mesin.

Cara menggunakan yamalube carbon cleaner mudah sekali, kamu hanya perlu mencampur 1 botol carbon cleaner dengan 4 liter bahan bakar berlaku kelipatan. Disarankan untuk menuang carbon cleaner ketika bahan bakar menipis supaya hasilnya maksimal, gunakan carbon cleaner secara berkala 3000 km sekali.

Selain harus melakukan ke-enam hal dalam perawatan motor sport injeksi yamaha diatas, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya seperti

7. Oli rantai

8. Oli shock

9. Kampas Rem

10. Minyak Rem

Penutup

Demikian cara merawat motor sport injeksi yamaha seperti vixion, r15, r25, xabre, mt15, mt25 dan lainnya. Selalu lakukan perawatan supaya performa motor terus prima gesit seperti baru. Akhir kata terimakasih sudah membaca, sampai jumpa!

Belum ada Komentar untuk "10 Perawatan Motor Sport Injeksi Yamaha yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel