Baru Beli Motor Bekas? Segera Ganti Komponen Berikut ini

gambar bagian motor bekas yang harus diganti

Di Indonesia motor bekas / seken sering menjadi pilihan bagi masyarakat yang mengidamkan motor dengan harga yang lebih terjangkau. Mendapatkan motor bekas sangat mudah sekali karena ada banyak showroom-showroom motor bekas yang bisa ditemukan hampir di seluruh Indonesia.

Membeli motor bekas / seken memang berbeda dengan membeli motor baru dari dealer, jika kamu membeli motor baru dari dealer tentu kamu tinggal gas siap pakai kemanapun kamu pergi tanpa perlu mengecek lagi.

Bagaimana dengan motor bekas?

Namanya juga motor bekas, tentu motor tersebut sudah dipakai oleh pengguna sebelumnya. Jadi sudah ada beberapa part yang sudah waktunya diganti, jika dilewatkan tentu akan berbuntut panjang yang bisa mengancam motor bekas yang kamu beli.

Bagaimana cara supaya motor bekas terasa seperti baru ketika pertamakali dikendarai pemilik barunya? Caranya gampang banget, kamu hanya perlu mengganti beberapa bagian yang kemungkinan sudah waktunya untuk diganti contohnya seperti berikut ini.

1. Busi

gambar busi motor bekas yang perlu diganti

Part yang satu ini memang penting sekali kegunaannya, akan tetapi tidak sedikit juga banyak orang yang mengabaikan kondisi dari busi. Padahal busi memiliki usia pakai dan ketahanan yang apabila dibiarkan bisa mati dan akhirnya motor bekas tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya.

Maka dari itu kamu perlu mengganti busi setelah membeli motor bekas / seken. Perhatikan juga kodenya, harus pas sesuai dengan busi pabrikan karena tiap busi memiliki kandungan yang berbeda-beda walaupun ulirnya sama.

Harga busi pun bermacam-macam, untuk busi standar kamu hanya perlu merogoh kocek 10-15 ribuan. Untuk busi platinum dan racing kemungkinan harganya 2 kali lebih mahal, apalagi busi Iridium yang harganya berlipat-lipat dari harga busi standar.

2. Oli

gambar Oli motor bekas yang harus diganti

Seperti yang diketahui kita memang tidak bisa mengetahui apakah motor bekas yang baru saja dibeli olinya sudah diganti apa belum. Mengingat peran oli dalam sebuah motor sangatlah penting untuk mencegah gesekan berlebih dan karat pada mesin, maka oli harus diperhatikan.

Jika hal ini diabaikan bisa-bisa motor seken yang baru saja dibeli bisa mengalami kerusakan mulai dari ausnya bagian dalam mesin, munculnya karat dan kerak pada bagian mesin yang bisa membuat mesin motor gampang rusak, perlu menghabiskan dana besar untuk memperbaikinya.

Harga oli bervariasi tergantung pada bahan dan juga kapasitasnya. Kamu bisa mendapatkan oli motor mulai dari 35 ribuan, satugeber.com pernah membahas mengenai daftar harga oli motor seperti pada artikel harga oli Shell dan harga oli x-ten.

3. Kampas Rem

gambar kampas rem motor bekas yang harus diganti

Fungsi rem memang sangat vital pada sebuah motor, jika rem motor bekas kamu blong, tentu kemanapun tujuan kamu akan berakhir ke rumah sakit. Namanya juga motor bekas tentu bisa saja kampas remnya aus yang mengakibatkan rem tidak makan atau tidak pakem.

Maka dari itu kami sarankan untuk mengeluarkan sedikit dana untuk mengganti kampas rem baru yang sesuai dengan motor bekas yang baru kamu beli. Harga kampas rem bervariasi tergantung jenis rem yang kamu gunakan baik itu cakram maupun tromol.

Penutup

Kami kira itu saja bagian motor yang perlu kamu ganti jika kamu membeli motor bekas atau seken. Jika tidak diganti bisa-bisa motor bekas kamu cepat rusak bahkan ada part yang bisa mengancam keselamatan kamu apabila tidak diganti.

0 Response to "Baru Beli Motor Bekas? Segera Ganti Komponen Berikut ini"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan sopan, jangan ngarep bisa nyepam :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel