Jangan dibuang! Inilah Manfaat dari Oli Bekas

gambar oli bekas dan manfaatnya

Mengingat pentingnya oli sebagai pelumas mesin, oli motor wajib sekali untuk diperhatikan, jika sudah tidak layak, tentu kita harus menggantinya dengan oli baru yang memiliki spesifikasi sesuai dengan motor yang kita gunakan.

Mengganti oli motor gampang banget, dijamin kamu bisa mengganti oli motor sendiri tanpa perlu mengunjungi bengkel. Umumnya penggantian oli motor ditentukan oleh usia oli atau jarak tempuh yang sudah dicapai.

Sehabis diganti kebanyakan pemilik motor lebih memilih untuk membuang oli bekas karena dianggap tidak berguna lagi. Akan tetapi tahukah kamu ternyata oli bekas masih bisa dimanfaatkan lho, jadi harap untuk tidak membuang oli bekas sehabis mengganti oli.

Kira-kira apakah manfaat oli bekas tersebut?

Untuk menjawab rasa penasaran pembaca sekalian, satugeber.com akan mengulas tuntas mengenai manfaat oli bekas dalam kehidupan sehari-hari yang pastinya bisa buat kamu menyesal jika membuangnya. Supaya tidak bertele-tele e, disimak yuk manfaat oli bekas berikut ini:

1. Pelumas Rantai

Coba sebutkan kegunaan oli pada mesin? Melumasi. Berhubung rantai motor juga butuh pelumas, maka sah-sah saja jika menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai. Rantai dikenal sebagai salah satu part motor yang wajib sekali dilumasi, jika tidak dilumasi rantai akan cepat aus dan tidak menutup kemungkinan gampang putus karena terkikis karat.

Masih banyak sekali pro dan kontra mengenai penggunaan oli bekas sebagai pelumas rantai. Jika digunakan saat darurat tentu masih sah-sah saja, namun jika digunakan dalam tempo jangka panjang tentu akan membawa dampak negatif karena oli bekas tercampur dengan kotoran-kotoran dari mesin.

2. Membersihkan Karat

Sebagian besar oli motor dilengkapi dengan zat adiktif yang bertugas sebagai pembersih kerak-kerak pada bagian dalam mesin contohnya seperti oli Shell advance AX7 yang sudah sempat kami review pada artikel berjudul review penggunaan oli Shell advance AX7 pada New Vixion.

Maka dari itu oli bisa membantu kita untuk menghancurkan karat-karat pada besi contohnya pada pagar dan baut besi berkarat yang susah dilepas. Selain itu oli bekas juga bisa melunturkan karat membandel pada leheran knalpot yang jika dibiarkan bisa membuat knalpot bocor.

3. Membuat Kayu Tahan Lama

Tak bisa dipungkiri kayu yang digunakan sebagai meuble rumah bisa lebih rapuh tak terduga. Penyebab rapuhnya kayu pada rumah adalah rayap, jika dibiarkan tentu kayu akan keropos dan lama-lama akan patah sehingga rumah bisa roboh.

Caranya gampang banget, kamu tinggal mencampurkan oli bekas dengan solar terlebih dahulu. Setelah itu silahkan untuk mengoleskan campuran solar dan oli bekas tersebut ke kayu. Cara ini efektif sekali membuaf kayu lebih tahan lama dari ancaman rayap dan akibat terkena air.

4. Pengganti Minyak Tanah

Oli bekas motor merupakan hasil olahan dari minyak bumi layaknya minyak tanah. Tak heran oli bekas motor bisa terbakar seperti minyak tanah, maka dari itu kamu bisa menggunakan oli bekas sebagai pengganti minyak tanah sebagai perangsang api supaya cepat membara.

Maka dari itu kamu bisa menggunakan oli bekas ketika membakar kayu dan sampah. Mengingat oli bekas bisa didapatkan gratis sehabis penggantian oli motor sendiri, oli bekas tersebut sangat direkomendasikan sebagai pengganti minyak tanah yang harganya mahal.

5. Campuran Bahan Bakar Diesel

Selain bisa digunakan sebagai pengganti minyak tanah. Ternyata oli bekas bisa sebagai bahan bakar mesin diesel, akan tetapi kamu tidak bisa langsung menuangkan oli bekas ke tangki bahan bakar mesin diesel secara langsung ya.

Sebelum dituangkan kamu perlu mencampurkan oli bekas tersebut dengan bahan bakar asli mesin diesel yaitu solar, Selanjutnya kamu tinggal menuangkan campuran tersebut lalu hidupkan mesin diesel tadi. Lebih ekonomis dibandingkan menggunakan solar asli kan?

Penutup

Itu saja alasan kenapa kamu tidak boleh membuang oli bekas, bermanfaat banget bukan? Supaya banyak orang lain yang ikut merasakan manfaat oli bekas ini, silahkan share postingan kali ini di media sosial ya.

0 Response to "Jangan dibuang! Inilah Manfaat dari Oli Bekas"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan sopan, jangan ngarep bisa nyepam :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel