Ini Penyebab dan Solusi Air Radiator Bercampur Oli serta Masuk ke Ruang Pembakaran

foto air radiator campur oli

Hola! Pada artikel kali satugeber.com akan membahas mengenai penyebab dan solusi atau cara mengatasi air radiator bercampur dengan oli dan masuk ke ruang pembakaran hingga akhirnya merembes ke busi pada New Vixion dan motor berpendingin cairan lainnya.

Belakangan ini baik itu motor sport dan juga matik yang berkubikasi 150 cc keatas selalu dibekali dengan pendingin radiator. Fungsi radiator tersebut adalah sebagai pendingin mesin motor supaya suhunya tetap stabil saat berkendara.

Salah satu motor dengan pendingin radiator adalah New Vixion yang saya gunakan sebagai tunggangan sehari-hari. Setelah menginjak usia ketiga sejak pembeliannya, mulai ada masalah pada sistem pendingin yang menggunakan coolant ini pada New Vixion saya.

Ketidak nyamanan tersebut adalah merembesnya air radiator ke ruang pembakaran motor yang mengakibatkan motor kurang nyaman atau simpelnya mbrebet yang jika dibiarkan akan berdampak negatif pada mesin motor.

Pada awalnya merembesnya air radiator ke ruanh pembakaran hanya berdampak mbrebet nya motor, lama kelamaan motor tidak bisa hidup karena air radiator yang menggenangi ruang pembakaran semakin banyak hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi bengkel resmi Yamaha SIP sumbersari yang terletak di jalan nasional III Jember.

Tak lama kemudian saya di hampiri oleh Service Advisor Yamaha SIP sumbersari Jember lalu menanyakan apakah ada yang bisa dibantu. Lalu saya menceritakan perihal kejadian air radiator New Vixion yang merembes ke ruang pembakaran hingga keluar dari busi sesuai dengan kejadian yang saya alami.

Service Advisor Yamaha SIP sumbersari Jember yang bernama thaqiuddin pun menjelaskan penyebab air radiator merembes ke ruang pembakaran atau busi serta penyebab air radiator bercampur dengan oli. Ternyata penyebabnya berbeda-beda tiap kasusnya.

Karena pengalaman dari Service Advisor bengkel resmi inilah saya memutuskan untuk memberitahukan informasi mengenai penyebab air radiator merembes ke sistem pembakaran dan bercampur dengan oli. Silahkan disimak dengan seksama ya.

1. Air Radiator Merembes ke Sistem Pembakaran

Kasus ini adalah masalah yang terjadi pada New Vixion milik saya. Berdasarkan pengalaman, ciri air radiator merembes ke ruang pembakaran ditandai dengan kurang nyamannya suara mesin yang berkesan mbrebet mirip dengan kasus busi kemasukan air.

Jika sudah parah karena banyaknya air radiator yang memasuki ruang pembakaran, air radiator akan merembes ke busi. Karena ruang pembakaran tergenang, mesin tidak akan bisa hidup seperti yang terjadi pada New Vixion saya.

Lalu Apa Penyebab?

Penyebab air radiator merembes ke busi atau menggenangi ruang pembakaran adalah gasket atau packing yang sudah bocor. Maka dari itu solusi terbaik mengatasi air radiator merembes ke sistem pembakaran adalah mengganti paking atau gasket yang baru, usahakan yang original karena sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

2. Air Radiator Bercampur Oli

Air radiator bercampur dengan oli merupakan salah satu kasus yang sering terjadi pada New Vixion dan motor dengan pendingin cairan lainnya. Tak sedikit juga teman-teman di grup New Vixion lightning mengalami kasus ini.

Kasus ini diakibatkan oleh seal wateepump yang sudah harus diganti. Jika seal waterpump bocor maka air radiator akan bercampur dengan oli hingga akhirnya oli berubah seperti bubur sumsum yang jika kondisinya parah.

Jika dibiarkan tentu akan berakibat fatal beretnya blok dan seher karena tidak terlumasi dengan baik karena oli bercampur dengan radiator. Maka dari itu jangan malas untuk memperhatikan kondisi oli, jika warnanya hijau atau putih segera hubungi bengkel resmi terdekat.

Seperti yang dijabarkan oleh aripitstop.com seal waterpump harus diganti jika terdengar suara decitan dari bagian pompa radiator. Walaupun tidak ada aturan mengenai usia pakainya, disarankan untuk mengganti seal waterpump 50.000 kilometer sekali.

Penutup

Itulah penyebab dan cara mengatasi air radiator masuk ke ruang pembakaran atau merembes ke busi serta air radiator bercampur dengan oli pada motor sport New Vixion dan juga motor sport dengan pendingin cairan lainnya. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

0 Response to "Ini Penyebab dan Solusi Air Radiator Bercampur Oli serta Masuk ke Ruang Pembakaran"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan sopan, jangan ngarep bisa nyepam :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel