Ini Penjelasan Mengenai LC4V pada Motor Yamaha

foto stiker LC4V  pada motor Yamaha

Apa itu singkatan dari LC4V? Jika kamu sering memperhatikan motor yang melintas di jalan atau sedang parkir di parkiran, pasti kamu pernah melihat stiker atau embel-embel LC4V pada motor besutan Yamaha yang diedarkan di Indonesia contohnya pada Vixion, Jupiter MX, R15, NMAX, Xabre hingga skutik baru yang kini naik daun yaitu Lexi.

Pemberian tulisan LC4V pada motor Yamaha tentu tidak dilakukan hanya untuk gaya-gayaan saja. Ada makna terpendam dari singkatan yang mengundang banyak keingintahuan orang yang melihatnya.

Jadi apa singkatan dari LC4V pada motor Yamaha?

Maksud dari LC4V adalah singkatan dari liquid cooled 4 valve, kata tersebut diambil dari bahasa Inggris. Jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah berpendingin cair dengan 4 klep, keren banget bukan.

Bagaimana sudah pahamkan?

Supaya pengetahuan kamu mengenai singkatan LC4V pada motor Yamaha ini semakin lengkap, satugeber.com juga akan membahas mengenai apa itu pendingin cair dan 4 klep pada motor Yamaha seperti berikut ini, silahkan disimak dengan seksama ya:

1. 4 Valve

foto silinder head R15 4 valve

Dulu motor 1 silinder atau silinder tunggal hanya menggunakan 2 klep saja. Seiring berkembangnya jaman, Yamaha membuat inovasi dengan menggunakan 4 buah klep dalam mesin yang digendong oleh motor besutannya seperti Vixion, R15, Jupiter MX, MX king, Lexi dan NMAX serta Xabre.

4 buah katup / klep / Valve tersebut memiliki tugasnya masing-masing. 2 klep berfungsi sebagai katup masuk dan 2 lainnya berfungsi sebagai katup buang. Tak heran tenaga yang dihasilkan lebih superior dibandingkan SOHC 2 katup.

Sejatinya bukan hanya motor Yamaha itu saja yang menggunakan 4 klep, ada juga motor 1 silinder lainnya dari pabrikan lain seperti, cb150r, cbr150 dan juga GSX. Akan tetapi barisan motor tersebut menggunakan mesin DOHC.

Perlu diketahui motor LC4V besutan Yamaha masih menggunakan teknologi SOHC, hanya saja SOHC pada mesin motor Yamaha tersebut sudah dimodifikasi, jika SOHC standar hanya memiliki 2 klep, motor SOHC Yamaha menggunakan 4 klep sama halnya dengan motor bermesin DOHC, tak heran peformanya tidak jauh berbeda bahkan bisa dibilang setara.

Apalagi belakangan ini motor LC4V Yamaha terbaru dijejali fitur VVA yang semakin membuat performanya menjadi semakin mantap, dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit tentunya.

2. Liquid Cooled

foto radiator nmax

Selain membekali motor besutannya dengan 4 buah klep yang pastinya bisa membuat tarikan responsif, Yamaha juga menambahkan pendingin menggunakan cairan radiator yang dianggap manjur untuk mengurangi suhu panas pada mesin.

Kelebihan liquid Cooled adalah bisa menyerap panas lebih baik dibandingkan pendingin udara. Selain itu sistem pendingin ini juga dilengkapi dengan sensor termostat yang akan memberikan sinyal kepada kipas radiator supaya berputar apabila suhu mesin sudah terlampau panas.

Demikian pembahasan mengenai apa singkatan dari LC4V yang ada di motor Yamaha sekaligus pembahasan mengenai 4 Valve dan liquid Cooled yang tersemat pada mesinnya.

0 Response to "Ini Penjelasan Mengenai LC4V pada Motor Yamaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel