5 Cara Bersihkan Knalpot Motor dari Karat Paling Ampuh

foto knalpot motor 4 tak dan 2 tak berkarat kotor

Knalpot adalah salah satu bagian pada motor yang sangat vital perannya. Fungsi knalpot adalah sebagai saluran buang sisa pembakaran, maka dari itu knalpot memiliki fungsi yang sangat penting pada sebuah motor bahkan juga mobil.

Umumnya knalpot terbuat dari bahan besi, karena sering panas dan tidak jarang juga terkena air, banyak sekali kejadian knalpot terutama pada bagian silencer atau leherannya terkena atau terjangkit karat.

Selain itu, knalpot berkarat juga bisa disebabkan oleh debu dan juga kotoran yang lama menempel. Apa lagi pada saat musim hujan, semakin besar potensi knalpot menjadi berkarat.

Meskipun terlihat sepele, jika dibiarkan begitu saja dalam tempo yang lama, perlahan karat akan mengikis bagian leheran knalpot dan akhirnya knalpot pun menjadi bocor tipis yang bisa dikenali dengan suara motor menjadi agak beda.

Selain bisa membuat suara motor menjadi beda, knalpot bocor juga bisa mengakibatkan beberapa dampak negatif seperti aliran gas pembuangan menjadi terhambat dan akselerasi atau tenaga motor menjadi kurang bertenaga.

Maka dari itu kamu harus merawat motor terutama dibagian yang terbuat dari besi seperti knalpot secara berkala agar terhindar dari karat yang bisa membuat knalpot menjadi bocor.

Namun jika sudah terlanjur berkarat, apakah ada solusinya?

Semua masalah di dunia ini pasti ada solusinya, begitu juga dengan masalah knalpot yang terkena karat ini. Tak tanggung-tanggung, satu geber sudah menyediakan 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Bagaimana caranya? Silahkan disimak cara mengatasi knalpot berkarat berikut ini:

1. Menggunakan Soda

Cara menghilangkan karat dari knalpot pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan soda. Cara ini cukup efektif untuk membasmi karat pada knalpot mulai dari karat tipis hingga karat yang tebal sekalipun.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan soda (bebas segala merk) dengan sikat gigi. Kemudian silahkan siramkan atau basahi bagian knalpot yang terkena karat, lalu mulailah untuk menyikatnya, supaya hasilnya maksimal gunakan sikat kawat.

2. Menggunakan Oli Bekas

Oli bekas yang sering dianggap limbah ini pun punya banyak manfaat, salah satunya sebagai peluntur karat pada knalpot motor. Sebelum memulai tutorialnya, sediakan dulu oli bekas yang akan digunakan, jangan lupa juga untuk menyediakan kuas.

Setelah itu panasi motor kamu beberapa menit, saran kami sekitar 10 menitan. Ketika knalpot mulai panas, mulailah untuk mengoleskan oli bekas ke seluruh bagian knalpot yang terkena karat.

Selain bisa digunakan untuk membasmi karat pada bagian luar knalpot, oli bekas juga bisa membersihkan karat pada bagian dalam knalpot dengan cara masukan oli bekas ke dalam knalpot secukupnya lalu hidupkan motor dan biarkan hingga asap oli habis.

3. Menggunakan Stempet

Stempet adalah pelumas yang tugasnya untuk melumasi peloran pada beberapa bagian motor. Selain melumasi, Stempet juga bisa digunakan untuk mencegah dan membasmi karat membandel pada knalpot.

Seperti cara merontokkan karat menggunakan oli, kamu harus memanasi motor terlebih dahulu. Setelah motor panas, silahkan untuk mengoleskan Stempet pada bagian knalpot yang berkarat dengan merata.

4. Menggunakan Pertamax Plus

Pertamax plus adalah jenis bahan bakar minyak yang memiliki RON 94. Selain digunakan untuk BBM motor dengan kompresi tinggi, Pertamax plus juga bisa merontokkan karat pada knalpot layaknya soda, oli dan Stempet.

Selain menyediakan Pertamax plus, kami juga harus menyediakan solar. Kemudian silahkan campurkan Pertamax plus dengan solar dengan perbandingan 1:2, jangan lupa juga untuk menyiapkan sikat gigi.

Setelah persiapan selesai, mulailah untuk membasahi bagian knalpot yang berkarat menggunakan campuran Pertamax plus dan solar, kemudian sikat menggunakan sikat gigi hingga bersih.

5. Menggunakan Pembersih Keramik

Cara mengatasi karat pada knalpot yang terakhir menggunakan pembesarih keramik. Selain bisa untuk membersihkan kotoran pada keramik, ternyata cairan ini juga sangat ampuh untuk membersihkan knalpot dari karat yang bandel.

Sediakan cairan pembersih keramik dalam wadah, lalu oleskan pada bagian knalpot yang berkarat. Diamkan beberapa menit supaya cairan bekerja, lalu mulailah untuk menyikat menggunakan sikat gigi.

Penutup

Membersihkan knalpot dari karat memang mudah sekali. Akan tetapi ingatlah pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, maka dari itu jangan malas-malas untuk membersihkan knalpot terutama sehabis terkena air hujan. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga postingan lainnya

0 Response to "5 Cara Bersihkan Knalpot Motor dari Karat Paling Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel