3 Cara Memperbaiki Rantai Motor Kaku

gambar rantai motor yang kaku

Pada motor sport dan juga bebek terdapat rantai, fungsi rantai adalah sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Hal ini membuat sepeda motor bisa berjalan dan bisa digunakan sebagai alat transportasi yang memudahkan kita untuk melakukan perjalanan.

Karena pentingnya peran rantai pada sepeda motor, kamu harus menggunakan rantai motor terbaik. Hal tersebut bertujuan supaya bisa lebih awet tahan lama, karena menggunakan rantai berkualitas abal-abal bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan seperti rantai putus atau gir aus membutuhkan dana lumayan besar untuk mengatasinya.

Menggunakan rantai berkualitas bagus terkadang juga bisa mengecewakan, namun rata-rata itu terjadi karena keteledoran sang pemilik yang malas merawat rantai. Salah satu penyakit yang bisa menyerang rantai akibat tidak pernah dirawat adalah rantai menjadi kaku.

Biasanya rantai kaku diakibatkan oleh penggunaan oli bekas sebagai pelumas rantai, mengingat banyaknya kotoran pada oli bekas tak heran rasanya jika rantai menjadi kotor berkarat lalu akhirnya kaku. Selain itu rantai kaku juga bisa diakibatkan oleh air hujan yang dibiarkan tanpa dibersihkan.

Rantai yang kaku bisa membuat tenaga yang harus disalurkan menjadi kurang maksimal. Selain itu rantai bisa-bisa putus jika terus digunakan, karena banyaknya karat-karat yang ada pada rantai tersebut.

Tapi tenang saja, ada cara untuk mengatasi rantai motor yang kaku supaya bisa lentur kembali seperti semula. Caranya mudah banget, kamu bisa melakukan tatacaranya seperti yang akan kami paparkan berikut ini:

1. Menggunakan Pelumas Rantai

Sebenarnya gampang sekali untuk memperbaiki rantai yang kaku. Salah satunya adalah dengan menggunakan pelumas rantai, pelumas rantai merupakan minyak khusus yang diciptakan untuk melumasi rantai, jadi kandungannya sudah benar-benar sangat bagus untuk rantai, salah satunya bisa berguna untuk mengatasi rantai kaku.

Cara memperbaiki rantai motor yang kaku menggunakan pelumas rantai sangat mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan pelumas rantai ke seluruh bagian rantai dengan merata. Semprot secara perlahan supaya tidak meluber ke bagian lainnya.

2. Menggunakan Sabun

Jika rantai motor kamu yang kaku dalam kondisi kering, kamu bisa menggunakan sabun yang dicampur dengan air untuk memperbaikinya. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan kerak-kerak, debu dan juga karat yang mengakibatkan rantai menjadi kaku.

Caranya silahkan campurkan air dengan sabun, lalu gunakan spons dan mulailah untuk membersihkan rantainya, supaya lebih maksimal kamu harus melepas rantai terlebih dahulu. Harap bersihkan rantai hingga menyeluruh supaya rantai bisa benar-benar sembuh dari penyakit kaku.

Setelah selesai, pasang kembali rantai, jangan lupa untuk memasang sambungannya. Supaya makin mantap, silahkan lumasi rantai yang sudah dibersihkan dengan menggunakan pelumas rantai.

3. Menggunakan Bensin

Membersihkan rantai kaku menggunakan bensin bisa dilakukan apabila rantai sudah benar-benar kaku dengan kotoran dan karat yang tebal. Kamu bisa menggunakan berbagai macam bensin mulai dari premium, solar, pertalite hingga Pertamax.

Caranya silahkan siapkan bensin dan sikat, lalu bukalah rantainya. Kemudian basahi dengan bensin kemudian mulailah untuk menyikat rantai dengan merata. Lebih maksimal lagi kamu bisa merendam rantai dengan bensin apabila karatnya enggan luntur. Setelah rantainya bersih, pasang kembali lalu silahkan untuk melumasi rantai menggunakan chain lube.

Penutup

Itu saja beberapa solusi tentang cara mengatasi rantai motor yang kaku supaya bisa normal kembali. Saran kami selalu lumasi rantai menggunakan pelumas rantai khusus secara berkala, hindari penggunaan oli bekas karena bisa memperparah kondisi rantai.

0 Response to "3 Cara Memperbaiki Rantai Motor Kaku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel