Cat Motor Kusam? Ini Penyebab dan Cara Pencegahannya

foto body dan tangki motor kusam

Sepeda motor adalah kendaraan yang banyak penggunanya, terutama di negara kita tercinta ini yaitu Indonesia. Tak heran industri otomotif yang berurusan dengan sepeda motor pasti cepat sekali kemajuannya, apalagi alat transportasi kini sangat vital fungsinya.

Alasan dari sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi adalah biaya yang perlu dikeluarkan lebih murah, selain itu sepeda motor sangat cocok untuk digunakan dijalanan Indonesia yang tak bisa lepas dari macet.

Akan tetapi sepeda motor tidak hanya bisa digunakan saja secara terus menerus, kamu harus juga melakukan perawatan supaya sepeda motor bisa tahan lama dengan performa mesin yang mantap dan body yang mulus tak termakan usia.

Ngomong-ngomong tentang mesin dan body, pasti bagian ini adalah bagian yang sangat penting sekali pada sebuah motor. Tak sedikit pula kejadian bagian ini mengalami kerusakan atau tampilannya yang lama-lama kurang sedap dipandang mata.

Terutama pada bagian body motor, body adalah identitas sebuah motor. Selain berfungsi sebagai pemberi identitas pada motor, body juga berperan sebagai pelindung bagian-bagian dalam motor seperti mesin dan juga kabel-kabel kelistrikan dari panas dan air hujan .

Berhubung fungsinya sebagai pelindung, tak heran rasanya jika body motor mengalami kerusakan. Kerusakan pada body motor bisa kerusakan tingkat ringan atau bahkan parah yang walaupun sepele tapi bisa saja membuat tampilan motor menjadi terganggu.

Tahukah kamu? Selain faktor usia ada beberapa hal yang bisa membuat body motor menjadi kusam akibat keteledoran sang pemilik. Maka dari itu, jangan langsung memberikan embel-embel jelek akibat kesalahan dari pabrikan motor jika body motor kamu catnya luntur karena terkadang semua itu berawal dari kesalahan kita sendiri.

Supaya bisa terhindar dari kekecewaan karena cat motor kusam, kami akan menginformasikan beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Selengkapnya berikut ini hal yang perlu di hindari supaya cat body motor tidak rusak yang bisa mengakibatkan body motor menjadi kusam.

1. Air Hujan

Sejak jaman dulu air hujan disebut-sebut sebagai salah satu penyebab cat body jadi kusam. Bahkan Alm Kakek penulis yang sempat menunggangi Honda c70 pun berkata tentang jahatnya air hujan pada body motor.

Usut punya usut ternyata air hujan memiliki kandungan zat asam nitrat (HNO3). Konon katanya zat asam nitrat bisa mengikis lapisan pengkilap cat motor (pernis). Selain merusak lapisan cat, zat yang di bawa oleh air hujan ini bisa menimbulkan karat pada motor.

Bahaya sekali bukan? Maka dari itu usahakan selalu menlap atau membilas motor setelah terkena air hujan. Lebih bagus lagi jika motor dimandikan supaya zat asam nitrat bisa sirna dari motor dengan sempurna.

2. Panas Matahari

Penyebab cat motor kusam yang kedua adalah panas yang berasal dari matahari. Jika kamu suka memarkir motor, kamu harus memastikan motor kamu parkir di tempat yang teduh dan aman dari sinar matahari terutama di kota-kota besar.

Jika kamu sering memarkirkan motor dan terpapar sinar matahari secara langsung dengan tempo yang cukup lama, perlahan-lahan cat motor kamu akan kusam, menguning atau bahkan memudah (terutama cat berwarna cerah).

Hal tersebut terjadi karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet atau radiasi UV yang sangat berdampak negatif pada cat motor, nah maka dari itu harap perhatikan lokasi parkir saat hendak memarkir, pastikan berada di tepat yang teduh.

3. Mencuci dengan Deterjen

Percaya atau tidak, banyak banget masyarakat yang masih salah kaprah tentang penggunaan deterjen saat mencuci motor, walaupun sudah jelas digunakan khusus untuk mencuci baju, tak jarang juga banyak yang menggunakannya untuk mencuci motor.

Kenapa deterjen bisa buat cat motor jadi kusam? Seperti yang diketahui deterjen yang umumnya digunakan untuk mencuci baju memiliki sifat panas, karena panas itulah cat motor akan terkikis secara perlahan dan lama-kelamaan cat akan mulai kusam dan memudar.

Karena itulah penggunaan deterjen untuk mencuci motor tidak disarankan untuk dilakukan. Maka dari itu gunakan sampo khusus cuci motor yang bisa didapatkan di toko-toko terdekat, banderolnya pun cuma 1000-an, jadi sangat terjangkau.

4. Tumpahan Minyak

Musuh keempat body motor ini juga sangat berbahaya. Baik itu tumpahan oli, BBM maupun minyak rem bisa membuat cat menjadi kusam jika terkena bagian-bagian motor contohnya seperti body dan juga tangki, kerusakan akan semakin parah jika dibiarkan begitu saja.

Umumnya baik itu BBM, minyak rem dan juga oli pasti dilengkapi dengan zat adiktif. Sebagian besar zat adiktif tersebut bisa membuat cat body motor menjadi kusam, apalagi minyak tersebut sudah meresap.

Solusinya, selalu bawa kanebo kemanapun kalian pergi. Jika body atau tangki motor kamu terkena BBM, minyak rem atau oli silahkan lap pada bagian yang terkena menggunakan kanebo dengan tambahan sedikit air.

5. Debu

Berhubung motor selalu digunakan untuk berkendara di jalanan, debu mungkin bukan hal yang asing lagi jika menempel di body motor. Walaupun terlihat sepele dan banyak di hiraukan, tahukah kamu debu adalah salah satu penyebab body motor menjadi kusam.

Hal tersebut terjadi karena debu lama lengket di body motor akan membuat kilap pada body perlahan memudar. Jika telat di lap debu akan menebal dan bisa membuat body motor atau tangki menjadi beret halus.

Solusinya budayakan rajin mengelap body dan tangki motor jika terkena debu. Jangan malas karena biaya membuat body motor kembali kinclong lebih mahal daripada hanya menlap bagian yang berdebu.

Penutup

Itu saja beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan body dan tangki motor menjadi kusam. Sudah pahamkan? Supaya informasi bermanfaat ini juga bisa diketahui orang sekitar kamu, jangan lupa bagikan ke media sosial.

Belum ada Komentar untuk "Cat Motor Kusam? Ini Penyebab dan Cara Pencegahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel