7 Langkah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak

gambar aki basah yang Soak dan rusak

Baik pada motor maupun mobil, pasti dilengkapi dengan aki. Fungsi aki adalah sebagai penyuplai daya untuk komponen motor atau mobil yang membutuhkan arus direct current atau DC, contohnya seperti klakson, starter elektrik dan lainnya.

Maka dari itu, penting sekali rasanya kehadiran aki pada kendaraan. Jika tidak ada aki, beberapa komponen seperti klakson dan starter elektrik tidak bisa berfungsi secara normal. Bahkan ada juga beberapa motor injeksi yang tidak bisa hidup tanpa arus listrik dari aki, contohnya seperti New Vixion Lightning dan Ninja FI.

Saat ini ada 2 jenis aki biasanya digunakan pada kendaraan yaitu aki kering dan aki basah. Diantara aki kering dan aki basah, biasanya aki basah yang sering mengalami masalah kurang mengenakkan baik itu aki tekor bahkan aki mati hingga akhirnya tidak bisa menyuplai daya listrik.

Kenapa bisa begitu?

Orang awam pasti akan berpikiran aki basah akan cepat rusak karena kualitas aki yang kurang bagus. Akan tetapi tak melulu diakibatkan oleh kualitas yang buruk atau merk aki yang kurang bagus, ternyata kerusakan aki basah berawal dari kelalaian sang pemilik yang tidak pernah melakukan perawatan.

Berhubung aki basah adalah jenis aki yang butuh perawatan, tak heran rasanya jika sebagian besar penyebab aki basah mengalami soak atau mati diakibatkan oleh minimnya perawatan, ada berbagai masalah yang memicu aki rusak akibat tidak dirawat, contohnya seperti berikut ini:

  • Elektrolit dalam aki sudah kering.
  • Plat eleman tipis karena korosi.
  • Air aki berkurang / sudah waktunya diganti.
  • Pemakaian berlebihan.

Jika dicermati lebih detail lagi selain diakibatkan oleh usia aki, malasnya untuk melakukan perawatan juga menjadi alasan terbesar kenapa aki basah bisa mengalami soak atau bahkan mati total. Maka dari itu jangan malas-malasan untuk melakukan perawatan pada aki basah yang dikenal sensitif sekali.

Jika aki sudah soak atau bahkan mati total, adakah cara untuk memperbaikinya?

Tentu saja ada, gampang banget, dijamin kamu tidak akan mengalami kesusahan ketika memperbaiki aki basah. Bahkan kamu tidak perlu merogoh kocek banyak-banyak untuk memperbaiki aki basah yang rusak. Untuk tatacara nya, kamu bisa lihat pada kelanjutan dari cara memperbaiki aki basah Soak atau rusak berikut ini:

Bahan

  • Obat sakit kepala, contoh: Bodrex dll
  • Air aki
  • Air Hangat
  • Obeng plus dan minus

Silahkan persiapan terlebih dahulu beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk memperbaiki aki basah tersebut. Usahakan sesuai dengan yang kami rekomendasikan.

Tutorial

  1. Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan terkumpul, waktunya untuk memulai memperbaiki aki basah yang rusak.
  2. Kami bisa membuka tutup air aki yang terletak di bagian atas aki menggunakan obeng minus lalu buang air aki hingga benar-benar habis.
  3. Tuangkan air hangat ke dalam aki, lalu kocok-kocok kemudian buang. Lakukan berulang-ulang hingga benar-benar bersih.
  4. Diamkan aki selama 12 jam, hal ini bertujuan supaya aki benar-benar kering dari bekas air hangat.
  5. Setelah aki benar-benar kering, mulailah untuk memasukan air aki ke dalam aki hingga batas tengah.
  6. Haluskan obat sakit kepala hingga benar-benar halus, lalu masukan kedalam aki.
  7. Diamkan semalaman, lalu pasang ke motor.

Penutup

Mudah sekali memang cara mengatasi aki soak yang kami bahas kali ini. Akan tetapi saran kami, rutinlah untuk melakukan perawatan terhadap aki basah terutama memperhatikan ketinggian air aki. Terimakasih sudah membaca, semoga bisa menjadi solusi.

Belum ada Komentar untuk "7 Langkah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel