Penyebab Motor Ngebul Ketika dipanasi pada Pagi Hari

gambar knalpot motor ngebul waktu dipanasi

Memanaskan motor adalah rutinitas sehari-hari yang harus sekali dilakukan, dengan melakukan pemanasan pada motor, semua bagian akan terlumasi oleh oli dengan sempurna sehingga mesin sudah benar-benar siap untuk digeber.

Memanaskan motor umunya dilakukan pada pagi hari atau sebelum motor digunakan untuk bepergian. Lebih bagus lagi jika menghidupkan motor untuk pemanasan menggunakan kick starter supaya aki awet tahan lama.

Ngomong-ngomong tentang memanaskan motor pada pagi hari, saya pun rutin melakukannya sebelum berkendara ke tempat yang saya mau. Namun ada kejadian aneh yang bikin saya sempat khawatir.

Kejadian apakah itu?

Sewaktu saya memanaskan motor New Vixion lansiran 2015 yang saya andalkan untuk bepergian, ada kejadian ngebul asap putih dari knalpotnya. Tentu saja saya was-was dan sempat khawatir ada hal yang tidak beres pada motor ini.

Tak hanya khawatir, saya juga sempat terpancing emosi melihat New Vixion kesayangan ngebul karena seumur-umur saya nggak pernah telat ganti oli. Saya pun baru saja melakukan penggantian blok dan seher pada motor Yamaha new Vixion ini.

Penggantian blok dan seher pada New Vixion saya bukan karena telat ganti oli, namun penggantian blok dan seher tersebut diakibatkan oleh bercampurnya oli dan air radiator yang membuat beretnya blok, lalu motor saya jadi ngebul.

Kenapa kok bisa ngebul?

Awalnya saya ingin tanya-tanya ke dealer tempat saya melakukan servis besar tersebut. Namun saya bermodalkan nekat untuk tetap mengendarai motor sembari mengetes apakah ada yang salah pada motor ini.

Sewaktu dikendarai, ngebul tipis tetap terlihat, namun tidak ada gejala los atau kehilangan power, tarikan tetep enteng dengan oper gigi yang tetap halus. Maklum usia oli yang saya gunakan baru 700 kilometer.

Lama kelamaan ngebul pun hilang, saya sempat menggeber motor New Vixion yang menggunakan ring seher 3c1 kepunyaan old Vixion ini hingga 8 ribu rpm, anehnya gejala ngebul pun hilang.

Supaya rasa penasaran saya hilang, memutuskan untuk mengontak beberapa teman saya yang berprofesi sebagai mekanik bengkel di kota Jember, saya juga posting mengenai hal ini di beberapa grup Facebook.

Ternyata ada 2 jawaban yang saya dapatkan, dipikir-pikir masuk akal juga jawaban yang saya dapatkan ini hingga akhirnya saya memutuskan untuk mempostingnya di artikel kali ini.

Nah bagi teman-teman yang kepo tentang kenapa kok motor ngebul saat dipanasi pada pagi hari, silahkan disimak penyebabnya berikut dengan seksama.

Penyebab motor ngebul saat dipanasi

  1. Knalpot Ngembun
  2. Penyebab kenapa kok motor ngebul sewaktu dipanasi pada pagi hari yang pertama adalah adanya embun pada knalpotnya. Dipikir-pikir masuk akal juga karena saya tinggal di tempat yang cuacanya adem banget.

    Apalagi pada motor ini sudah dimandikan, jadi kemungkinan knalpotnya tersiram hingga akhirnya menjadi embun pada dalam knalpot. Karena adanya embun didalam knalpot, jadi motor mengeluarkan asap putih, seperti itulah jawaban dari postingan yang saya posting di grup Facebook.

  3. Adanya Kotoran pada Mesin
  4. Dalam mesin pasti ada Kotoran di dalamnya, kotoran tersebut bisa berupa sisa dari pelumasan yang menempel di dinding pembakaran ikut terbakar. Selain sisa pelumasan oli, ada juga sisa kerak-kerak membandel dalam mesin yang ikut terbakar hingga akhirnya muncullah asap dari knalpot.

    Dipikir-pikir penyebab motor ngebul pada pagi hari yang kedua ini juga masuk akal. Pada setiap motor pasti akan ada sisa-sisa kotoran yang mesin yang bisa cukup mengganggu dan bisa bikin performa mesin jadi ngempos apabila dibiarkan dalam tempo yang lama.

Kesimpulan

Ternyata ada 2 penyebab utama kenapa kok muncul asap putih saat memanasi motor pada pagi hari. Nyatanya bukan diakibatkan oleh blok dan seher juga seal klep yang rusak, jadi jangan khawatir kantong kamu akan jebol untuk melakukan servis besar.

Perlu diketahui pengalaman yang sempat bikin khawatir ini terjadi pada motor yang normal atau tidak mengalami kerusakan. Jika motor brosis ngebul putih sejak pertama kali dihidupkan dan berhari-hari tetap ngebul, sudah bisa dipastikan motor tersebut mengalami kerusakan, dan mau tidak mau harus melakukan servis besar.

Penutup

Seperti itulah alasan atau penyebab kenapa kok motor ngebul sewaktu dipanasi pada pagi hari. Semoga bisa membantu dan menjawab rasa penasaran pembaca sekalian. Punya pengalaman lain? Silahkan tulis di kolom komentar.

2 Komentar untuk "Penyebab Motor Ngebul Ketika dipanasi pada Pagi Hari"

  1. sering juga saya alami hal seperti ini gan... setelah baca ini jadi ada pemahaman tentang pengenyebabnya... mks gan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel