Penyebab, Solusi dan Biaya atasi Yamaha New Vixion Ngebul

gambar biaya ganti ring seher old vixion 3c1 pada New Vixion

Ngomong tentang Yamaha New Vixion, pasti seluruh orang Indonesia mengenal seperti apa motor sport 150 cc besutan Yamaha ini. Motor yang juga dikenal bernama fz150i ini laris-manis di pasar otomotif Indonesia, tak heran gampang banget rasanya melihat motor ini di jalanan Indonesia.

Yamaha New Vixion mengusung tampilan gagah dengan ban gede yang menjadikan motor ini paling mantap dikelasnya. Disokong dengan rangka deltabox dan mesin berkubikasi 150 cc, tak heran rasanya jika Yamaha New Vixion termasuk motor sport terlaris di Indonesia.

Namun di dunia ini, tidak ada satupun barang yang sempurna, sama halnya Yamaha New Vixion. Dibalik desainnya yang macho abis dan mesinnya yang powerful banget, ada penyakit bawaan yang sebenarnya sepele namun jika dibiarkan akan sangat menggangu.

Apakah itu?

Bukan rahasia lagi jika motor Yamaha New Vixion gampang banget ngebul. Ngebul pada motor ini biasanya terlihat kenalpot nya, umumnya Yamaha New Vixion akan ngebul jika digeber hingga 8.000 rpm pada saat kondisi mesin netral.

Hal ini tentu kurang mengenakkan, apalagi hampir semua motor New Vixion pasti ngebul saat di geber diatas 8.000 rpm dalam kondisi netral meskipun motor tersebut baru saja turun dari dealer.

Mengingat motor Yamaha New Vixion adalah motor sejuta umat pasti banyak sekali penunggang motor ini yang akan kecewa karena Yamaha New Vixion ngebul saat digeber pada rpm tinggi.

Kenapa bisa begitu?

Tiap masalah di dunia ini pasti ada pemicunya, hal ini diakibatkan oleh naiknya oli ke ruang bakar saat di geber pada rpm tinggi. Karena itulah Yamaha New Vixion menjadi ngebul jika di gas sampai 8.000 rpm keatas.

Akan tetapi berdasarkan pengalaman pribadi saya yang juga menggunakan Yamaha New Vixion, kasus ini terjadi saat digeber pada rpm 8.000 keatas dalam kondisi mesin netral.

Umumnya motor ngebul disangkutkan dengan jeroan mesin yang bermasalah. Umumnya tersangka pertama yang dicurigai adalah blok, seher dan juga ring nya, seal klep juga bisa jadi pemicu utama Yamaha New Vixion ngebul.

Namun ternyata yang membuat Yamaha New Vixion ngebul putih saat digeber pada rpm tinggi adalah ring sehernya saja yang memiliki kode 1pa. Ring seher tersebut ternyata kurang kuat, karena itulah Yamaha New Vixion dikenal ngebul dan oli nya cepat menyusut.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Cara memperbaiki Yamaha New Vixion ngebul putih saat digeber adalah dengan melakukan penggantian ring sehernya saja. Menurut pengalaman pribadi, gunakanlah ring seher old Vixion yang lebih kuat dan tahan geber.

Ring piston old Vixion tersebut berkode 3c1, ring seher old Vixion yang berkode 3c1 bisa kamu dapatkan hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 111.000-an saja. Namun lebih bagus lagi jika kamu mengganti pistonnya sekalian.

Selain melakukan penggantian ring piston yang awalnya berkode 1pa menjadi 3c1. Mungkin gasket mesin akan diganti juga, masih ada juga biaya servis besar yang perlu kamu bayar. Berikut ini akan kami sajikan tabel berisi daftar part serta biaya untuk mengatasi Yamaha New Vixion ngebul.

Biaya

Nama PartKode PartBanyaknyaHarga
Ring Piston3C1-E1603-001Rp 110.000
Gasket Silinder1S7-E1351-001Rp 16.364
Gasket Silinder Head3C1-E1181-011Rp 14.000
Oli Yamalube Sport90793-AJ4361 Rp 42.727
Yamacoolant90793-AJ4361Rp 34.091
Biaya Servis besar--Rp 136 364

Harga belum termasuk PPN 10% dan bisa berubah sewaktu-waktu

Penutup

Itulah Penyebab dan cara mengatasi Yamaha New Vixion ngebul putih dari knalpot ketika digeber pada rpm tinggi. Ternyata hanya disebabkan oleh lemahnya ring seher bawaannya. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab, Solusi dan Biaya atasi Yamaha New Vixion Ngebul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel