Spesifikasi dan Harga Tiger Revo Paling Update

gambar Tiger Revo bekas lengkap dengan harga bekasnya

Ngomong-ngomong tentang Tiger Revo, sudah pasti para pembaca sekalian sudah paham seperti apa sih bentuk motor GL 200 ini. Tiger Revo adalah salah satu motor laki atau sport legendaris yang pernah jaya pada masanya.

Pada awalnya motor sport cruiser ini dirilis dengan nama Tiger, pada era ini Tiger membawa desain sport dengan posisi riding yang tegak, jadi motor ini menjamin kenyamanan berkendara jarak jauh atau bahasa kerennya touring.

Tidak hanya mengalami perubahan ringan pada bagian facelift nya saja, motor ini juga sempat mengalami perubahan nama menjadi Tiger 2000 pada generasi selanjutnya. Ciri generasi kedua Honda Tiger ini ditandai dengan adanya emblem 'tiger 2000' yang terbuat dari bahan aluminium pada tangkinya.

Pada tahun 2007, Tiger dirombak ulang oleh Honda. Sang macan mengalami perubahan ekstrem pada bagian body nya, body tersebut didesain serba meruncing terutama pada bagian body belakangnya yang semakin terlihat modern.

Honda Tiger generasi terakhir ini tampil macho dengan tangki dan shroud yang lebih besar dibandingkan pendahulunya, sang macan berganti nama menjadi Tiger Revolution Cruiser yang sering disebut sebagai Tiger Revo.

gambar Tiger Revo mata picek

Tiger Revo hadir dalam 2 versi, yang pertama menggunakan single headlamp berbentuk bulat dan yang kedua hadir dengan asymmetric headlamp atau yang sering disebut dengan Tiger Revo mata picek. Perbedaan hanya terlihat pada headlampnya saja, pada sekujur bodynya tidak ada perubahan alias sama persis.

Sedangkan pada bagian mesinnya, tidak ada sama sekali perubahan dari generasi pertama hingga terakhir, Tiger Revo yang merupakan generasi terakhir Honda Tiger masih menggunakan mesin yang dibawa oleh generasi pertamanya yaitu 200 cc ohc 4 tak.

Meskipun sudah secara resmi discontinue alias tidak diproduksi lagi, Tiger Revo masih tidak sepi peminat. Motor yang hanya ada dalam kondisi bekas ini masih laris manis di pasar otomotif Indonesia yang makin hari makin ramai.

Tiger Revo memang keren sekali, tak heran sampai saat ini banyak sekali peminatnya. Selain digunakan untuk motor touring, Tiger Revo tak jarang juga digunakan sebagai bahan modifikasi Honda CB dan JAP style.

Nah buat teman-teman yang sedang mencari informasi tentang spesifikasi, kekurangan, kelebihan dan harga bekas Tiger Revo, kami akan menyajikan nya secara lengkap dan akurat seperti berikut ini.

1. Desain

gambar body Tiger Revo

Tiger Revo membawa penyegaran desain pada bodynya, jika Tiger sebelumnya memiliki body yang membulat, Tiger Revo tampil dengan desain lebih moderen yang lebih lancip dibandingkan pendahulunya.

Tiger Revo hadir dengan 2 varian yaitu tiger revo dengan model headlamp yang di sebut dengan mata pece dan juga honda tiger revo dengan batok lampu bulat. Keduanya didukung dengan desain body yang lebih berotot dan tampak lebih macho.

Motor yang memiliki pilihan warna hitam, putih dan merah ini tampak semakin macho dengan shroud dan tangki yang lebih besar. Tangki Tiger Revo mampu menampung 13 liter bahan bakar.

2. Mesin

Sama dengan pendahulunya, Tiger Revo juga masih membawa mesin berkubikasi 200 cc dengan pendingin udara. Mesin GL 200 ini memiliki perbandingan kompresi 9,0 : 1 yang cocok untuk diberi bahan bakar minimal pertalite.

Mesin dengan percepatan 6 langkah ini mampu menghasilkan Daya Maksimum 17,4 PS / 8.500 RPM dan Torsi Maksimum 1,62 kgf.m / 6.500 RPM. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya adalah 42 kilometer per liter.

Tiger Revo masih menggunakan sistem pembakaran konvensional atau karburator. Meskipun mesin jaman dulu, tenaga dan konsumsi bahan bakar nya masih tak kalah dibandingkan dengan motor keluaran terbaru yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi.

3. Kaki-kaki dan Pengereman

Tiger Revo hadir dengan suspensi depan teleskopik dan dual shock breaker dibagikan belakang. Motor ini makin kekar dengan hadirnya ban depan berukuran 2,75 - 18 - 42L dan ban belakang berukuran 100/90 - 18 - 47P.

Tiger Revo hadir dengan 2 varian velg, ada yang menggunakan velg cw dan juga sw. Sementara itu di bagian pengereman terdapat rem cakram di bagian depan dan juga belakang yang menjadi pengereman lebih pakem.

Harga

Seperti yang diketahui, Tiger Revo sudah tidak diproduksi lagi, jadi brosis hanya bisa mendapatkan Tiger Revo dalam kondisi bekas atau second, jadi tidak ada patokan harga yang pas.

Harga Tiger Revo bekas bisa didapatkan mulai dari 9 hingga 15 jutaan saja. Tentu kondisi bodi dan jarak tempuh mesin menjadi patokan atau tolak ukur mahal tidaknya Tiger Revo. Selain itu beda tempat juga bisa memungkinkan perbedaan harga.

Kelebihan

  • Memiliki desain yang keren banget
  • Dibekali dengan mesin yang tangguh dan irit.
  • Harga jual kembali relatif stabil
  • Memiliki banyak sekali konsep modifikasi

Kekurangan

  • Tangki gampang bocor

Spesifikasi

Spesifikasi
Panjang x Lebar x Tinggi1.990 x 742 x 1.035 mm
Jarak Sumbu Roda1.330 mm
Jarak Terendah ke Tanah145 mm
Berat Kosong123 kg
Tipe RangkaPola Berlian
Ukuran Ban Depan2,75 - 18 - 42L
Ukuran Ban Belakang100/90 - 18 - 47P
Rem DepanTipe cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem Belakang Tipe Tromol, digerakkan dengan tuas mekanis
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangLengan ayun dengan sok beker ganda, peredam dapat disetel
Kapasitas Tangki13 Liter
Tipe Mesin4 Langkah OHC pendinginan udara
Diameter X Langkah63,5 x 62,2 mm
Volume Silinder196,9 cc
Perbandingan Kompresi9,0 : 1
Daya Maksimum17,4 PS / 8.500 RPM
Torsi Maksimum1,62 kgf.m / 6.500 RPM
Kapasitas Pelumas1 Liter
Tipe KoplingManual tipe basah dan pelat majemuk
Transmisi 6 kecepatan, Pengoperasian Gigi 1-N-2-3-4-5-6
StarterPedal dan elektrik
Aki12 V - 7 Ah
Busi NGK DP8 EA-9
Sistem PengapianCDI-AC, Magneto

Penutup

Tiger Revo memang dikenal sebagai salah satu motor bekas incaran para biker, selain punya mesin tangguh, motor sejuta umat ini juga punya body keren. Terimakasih sudah membaca artikel berisi tentang spesifikasi dan harga Tiger Revo ini, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Spesifikasi dan Harga Tiger Revo Paling Update"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel