Cara Mengatasi Oli Bercampur dengan Air Radiator Pada Vixion Akibat Seal Waterpump Jebol

gambar foto seal waterpump Vixion, Aerox, NMAX, R15 jebol

Buat kalian yang motornya sedang mengalami masalah air radiator bercampur dengan oli, kali ini satugeber.com akan memberikan informasi tentang cara memperbaikinya dan taksiran biaya yang perlu disiapkan.

Saat ini ada banyak sekali motor yang sudah dibekali dengan sistem pendingin radiator, salah satunya seperti beberapa motor terbaru besutan Yamaha seperti Vixion, MX King, R15, N-MAX, Aerox dan masih ada banyak lagi motor beradiator besutan Honda, Suzuki dan Kawasaki.

Keunggulan motor beradiator adalah mampu menjaga suhu udara, cairan mampu mendinginkan mesin yang mulai panas dengan efektif, selain itu radiator juga biasanya dilengkapi juga thermostat, jika mesin panas, kipas menjadi aktif, dan sistem pendinginan bekerja optimum.

Namun dibalik keunggulannya, ada salah satu penyakit yang kerap terjadi yaitu air radiator bercampur dengan oli. Kerusakan ini termasuk kerusakan ringan, namun bisa mengakibatkan mesin rusak jika tidak segera diperbaiki.

Jika dibiarkan tentu saja kerja oli menjadi terganggu, bahkan bisa mengakibatkan beretnya blok yang kemudian berujung dengan munculnya asap putih dari knalpot, bahkan bisa saja bagian dalam mesin menjadi rontok karena pelumasan tidak maksimal.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ternyata ada 2 penyebab dari bercampur nya air radiator dan oli yaitu gasket atau packing head yang rusak dan seal waterpump sudah jebol. Lebih lengkapnya lagi kamu bisa baca artikel tentang penyebab air radiator bercampur oli dan merembes ke busi.

Jebolnya seal waterpump termasuk yang paling banyak terjadi. Hal kurang mengenakkan ini umumnya terjadi pada motor yang sudah cukup berusia. Penyakit ini sering terjadi pada Yamaha Vixion dan Jupiter MX serta motor beradiator lainnya.

gambar oli motor campur air radiator

Ciri-ciri seal waterpump jebol pada Yamaha Vixion adalah munculnya suara berdecit di bagian silinder. Selain itu jebolnya seal waterpump juga ditandai dengan air radiator cepat habis, kipas radiator gampang berputar dan warna oli berwarna kehijau-hijauan.

Jika hal ini terjadi, kamu tidak perlu panik berlebihan karena kerusakan ini masih bisa diperbaiki dan motor Vixion atau Jupiter MX kamu bisa pulih kembali seperti semula.

Berhubung bagian yang rusak adalah seal waterpump, tentu saja kamu hanya perlu mengganti seal waterpump yang sudah jebol dengan yang baru.

Untuk Yamaha Vixion 150 cc (old Vixion, new Vixion dan all new Vixion) harga seal waterpump nya berkisar antara Rp 143 ribuan saja. Jika mau lebih murah, kamu bisa melakukan subtitusi dengan seal waterpump milik Vixion R atau Aerox yang bisa didapatkan dengan harga Rp 67 ribuan saja.

Selain mengganti seal waterpump tentu saja kamu harus mengganti gasket atau packing nya juga. Selengkapnya berikut ini adalah parts yang dibutuhkan untuk memperbaiki seal waterpump jebol pada Yamaha Vixion.

No PartsNama PartsJumlah PartsHarga
93103-10801Oil Seal1 PcRp 133.00
1S7-E2450-00Impeller Shaft Assy 1 PcRp 49.000
93306-000Y3Bearing1 PcRp 18.000
1S7-E1196-00Gasket,silinder Head Side 1 PcRp 7.500
1S7-E2428-00Gasket,Housing cover 1 PcRp 13.000

Biaya diatas belum termasuk PPN 10%

Dengan merogoh kocek sebanyak itu, masalah radiator bercampur oli yang diakibatkan oleh seal waterpump jebol pada Yamaha Vixion bisa teratasi. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Oli Bercampur dengan Air Radiator Pada Vixion Akibat Seal Waterpump Jebol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel