Cara Memilih BBM yang Cocok untuk Motor

bahan bakar bensin motor matic sport bebek paling cocok terbaik

Memilih bahan bakar terbaik untuk motor perlu sekali untuk dilakukan secara cermat. Karena peran bahan bakar sangatlah penting untuk menghasilkan tenaga supaya motor berkerja sebagai mana mestinya.

Saat ini bahan bakar besutan Pertamina adalah yang terlaris di Indonesia. Pertamina punya pilihan bahan bakar jenis premium, pertalite dan Pertamax yang bisa digunakan untuk motor kesayangan.

Tentu saja ada perbedaan diantara ketiganya. Premium dihargai sekitar Rp 7000 / liter, sementara itu pertalite dibanderol Rp 7.650 / liter dan Pertamax di hargai sekitar Rp 9.850 / liternya.

Bukan cuma memiliki perbedaan harganya saja, diantara ketiga jenis BBM Pertamina untuk motor tersebut juga punya perbedaan kandungan yang tentunya bisa berdampak pada performa mesin motor.

Saat ini banyak yang masih salah kaprah dalam memilih BBM yang benar-benar pas untuk motor. Selain bisa mengakibatkan perfoma mesin drop, tentu saja bisa mengakibatkan kerusakan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Karena itulah penting sekali untuk menentukan bahan bakar motor yang paling tepat dan sesuai dengan spesifikasi yang dibawa oleh motor kesayangan supaya performanya prima dan awet tahan lama.

Cara Memilih BBM terbaik untuk motor bisa dilakukan dengan mudah. yang perlu diperhatikan adalah rasio mesin motor, tiap motor punya rasio berbeda-beda maka dari itu penting sekali untuk mengetahui nya.

Cara Memilih bahan bakar terbaik untuk motor

Selain mengetahui rasio kompresi motor masih ada beberapa Langkah-langkah yang harus dilakukan supaya bisa mengetahui BBM apa yang paling tepat untuk motor. Berikut ini adalah kelanjutannya.

1. Kenali dulu Rasio Kompresi nya

Setiap motor punya Spesifikasi nya masing-masing, begitu juga dengan rasio mesinnya. Rasio kompresi adalah perbandingan (ratio) antara volume total ruang silinder dengan volume ruang bakar.

Tentunya rasio kompresi memiliki fungsi. Fungsinya sebagai petunjuk tolak ukur kesesuaian terhadap bahan bakar yang digunakan. Semakin besar rasio kompresi nya, semakin direkomendasikan untuk menggunakan BBM beroktan tinggi.

2. Cermati Nilai Oktan BBM

Saat ini premium, pertalite dan pertamax adalah bahan bakar yang paling banyak digunakan untuk motor. Tahukah kamu? Tiap jenis BBM memiliki perbedaannya masing-masing.

Selain beda warna, nilai oktannya juga berbeda. Nilai oktan adalah Nilai oktan adalah suatu bilangan yang menunjukkan seberapa tinggi tekanan yang nantinya akan diberikan sampai pada akhirnya bahan bakar bensin ini akan terbakar secara spontan.

Jenis BBMRONRasio Kompresi
Premium887-9 : 1
Pertalite909-10 : 1
Pertamax9210-11 : 1
Pertamax Plus 9511-12 : 1

3. Cocokan

Yang terakhir adalah menentukan BBM terbaik untuk motor kamu. Caranya gampang sekali, kamu hanya perlu mencocokkan antara rasio kompresi dan oktan bahan bakar yang sudah di bahas sebelumnya.

Contoh, saya memiliki motor Yamaha New Vixion dan Honda Supra X 100. Yamaha New Vixion memiliki rasio kompresi 10,4:1 sedangkan Honda Supra X memiliki rasio kompresi 9:1

Bisa disimpulkan, Yamaha New Vixion yang punya rasio kompresi 10,4:1 akan cocok dengan Pertamax (RON 92). Sementara itu Honda Supra X 100 yang memiliki rasio kompresi 9:1 akan cocok menggunakan BBM premium.

Penutup

Gampang sekali memang cara menentukan bahan bakar terbaik untuk motor asal dilakukan dengan benar. Usahakan gunakan BBM yang sesuai supaya perfoma mesin tetap maksimal. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih BBM yang Cocok untuk Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel