Cara Mengecek Ketinggian Oli Mesin Motor yang Baik dan Benar

foto mengecek kondisi oli matic, bebek sport layak pakai atau tidak

Supaya motor tetap bisa menampilkan performa yang prima dan mesin tetap awet tahan lama, kita harus melakukan perawatan secara rutin. Salah satu perawatan yang tidak boleh dilewatkan adalah mengganti oli.

Oli memang memegang peranan penting pada sebuah motor. Fungsi oli berguna untuk melumasi bagian dalam mesin motor yang bergesekan, selain itu oli mesin juga bertugas sebagai pembersih bagian dalam mesin dari kotoran.

Setiap oli mesin punya usia pakai, umumnya oli mesin bisa bertahan hingga 1.500 km atau bahkan lebih lama lagi. Selain memperhatikan jarak tempuh, kamu juga bisa berpatokan dengan ketinggian dan kondisi oli untuk menentukan diganti tidaknya oli pada motor kamu.

Setiap oli mesin yang digunakan, pasti akan mengalami penguapan. Maka dari itu, makin sering digunakan volume oli makin berkurang. Jika dibiarkan dan tidak pernah di cek ketinggian nya, bisa-bisa mesin kekurangan oli hingga berujung rusaknya bagian dalam mesin.

Mengecek ketinggian oli pada mesin motor wajib sekali untuk dilakukan, bahkan bisa dikatakan harus sekali dilakukan secara rutin setelah oli sudah berusia 1.000 km keatas.

Cara mengetahui atau mengetes ketinggian oli pada mesin motor gampang sekali untuk dilakukan. Hanya dengan waktu 5 menit saja kamu bisa melakukannya tanpa perlu mengunjungi bengkel.

Cara Mengecek Ketinggian Oli Motor

Kali ini Adya Razan akan membahas tentang cara mengecek kondisi dan ketinggian oli mesin motor. Sebelum melakukan tata cara nya, ketahui dulu bahan-bahan yang perlu disiapkan ya.

Peralatan

  1. Tang
  2. Tisu

Langkah-langkah

1. Siapkan motor terlebih dahulu, jangan lupa untuk menggunakan standar tengah.

2. Hidupkan mesin motor dan biarkan menyala kurang lebih 5 menit, lalu matikan.

3. Buka dipstick oli yang ada di samping mesin menggunakan tang.

4. Setalah dipstick oli terbuka silahkan lap dengan tisu.

5. Masukan dipstick oli yang sudah dibersihkan ke lubang oli, perlu diketahui yang harus kamu lakukan adalah memasukan tanpa perlu memutar.

foto Mengecek oli pada mesin motor

6. Perhatikan dipstick oli, lalu lihat batas maksimal dan batas minimal nya.

7. Jika masih berada dalam batas maksimal berarti oli motor kamu masih layak pakai, begitu juga sebaliknya jika dalam batas minimal silahkan ganti oli dengan yang baru.

Penutup

Gampang sekali bukan cara mengecek ketinggian oli pada mesin motor? Ritual ini wajib sekali untuk dilakukan secara rutin, jangan sampai kamu lupa untuk mengecek oli karena jika sampai kekurangan oli, motor kamu bisa mogok total.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengecek Ketinggian Oli Mesin Motor yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel