7 Kesalahan Saat Mencuci Motor yang Harus Dihindari

gambar kesalahan cuci motor matic, bebek dan sport

Mencuci motor memang adalah salah satu perawatan yang harus sekali untuk dilakukan. Tujuannya untuk membersihkan body, velg hingga bagian luar mesin motor dari debu dan kotoran yang menempel.

Jika motor jarang dicuci, tentu saja tampilan motor menjadi kurang menarik untuk dilihat. Tak hanya itu, lama-kelamaan debu yang menempel akan bisa membuat cat body motor menjadi kusam.

Mencuci motor sangat mudah sekali untuk dilakukan. Kamu mencampurkan air dan sabun lalu lap bagian yang motor menggunakan kanebo hingga bersih.

Apalagi saat ini banyak sekali sabun khusus cuci motor yang bisa didapatkan harga yang sangat terjangkau. Tak heran rasanya jika sekarang banyak orang yang lebih memilih untuk mencuci motor sendiri.

Meskipun sangat mudah untuk dilakukan, ternyata sering juga terjadi kesalahan saat mencuci motor. Terlihat sepele tapi bisa berakibat fatal jika hal tersebut terjadi.

Apalagi saat ini banyak sekali motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Mengingat banyak sekali sensor yang ada, bisa-bisa terjadi korsleting akibat terkena air saat mencuci.

Pantangan Saat Mencuci Motor

Supaya hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan ketika Mencuci motor. Lebih lengkapnya lagi silahkan disimak kelanjutannya berikut ini.

1. Jangan menggunakan air semprotan bertekanan tinggi karena akan merusak komponen kelistrikan dan bagian motor yang bergerak.

2. Jangan arahkan semprotan air ke dalam knalpot karena dapat membuat motor tidak bisa dinyalakan. Lebih parah, ini akan menimbulkan karat di dalam knalpot.

3. Jangan arahkan air bertekanan tinggi langsung ke bawah jok.

4. Jangan arahkan air ke saringan udara. Keberadaan air pada area tersebut juga dapat menyebabkan mesin tidak bisa dinyalakan.

5. Jangan arahkan air ke sekitar lampu depan karena akan menyebabkan pengembunan.

6. Jangan menggunakan wax atau bahan pemoles pada permukaan bodi yang dicat dengan jenis matte (doff). Gunakan kain lembut atau spons, air dan deterjen ringan untuk membersihkan permukaan yang dicat jenis doff. Lalu keringkan dengan kain halus dan bersih.

7. Jangan menyemprotkan air ke busi karena bisa mengakibatkan motor tidak bisa dihidupkan.

Penutup

Setelah mengetahui hal-hal buang tidak boleh dilakukan ketika Mencuci motor, tentu saja mulai sekarang jangan pernah lakukan hal larangan tersebut supaya motor kamu tidak mengalami kerusakan.

Belum ada Komentar untuk "7 Kesalahan Saat Mencuci Motor yang Harus Dihindari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel