Cara Paling Gampang Mengatasi Rantai Motor Berisik

gambar rantai motor berbunyi klotok-klotok tek-tek berisik

Pada kendaraan bermotor roda dua terutama motor sport dan bebek dibekali dengan rantai dan gear. Tentu saja ada fungsi yang dari parts ini, fungsi gear dan rantai adalah sebagai penyalur putaran dari mesin ke roda bagian belakang.

Tanpa rantai dan gear pasti motor tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Selain menggunakan rantai dan gear berkualitas terbaik, parts ini harus dirawat secara baik dan benar.

Jadi perlu sekali untuk merawat rantai dan gear motor supaya awet dan tahan lama. Umumnya bagian rantai yang perlu dirawat secara ekstra, karena bagian ini yang rentan bermasalah.

Rantai motor memang wajib sekali dirawat, kamu perlu memperhatikan kekencangan rantai dan melumasinya secara berkala, jangan sampai mengabaikan rantai karena bisa membuat rantai gampang putus dan bikin berkendara kurang nyaman.

Salah hal yang menggangu ketika berkendara akibat rantai tidak pernah dirawat adalah rantai bersuara keras / berisik. Meskipun sepele, hal ini bikin risih pengendara, bahkan pengendara lainnya pun ikut terganggu.

Cara Paling Gampang Mengatasi Rantai Motor Bunyi Berisik

Mengatasi rantai yang berisik gampang sekali untuk dilakukan. Seperti yang akan satugeber.com bahas pada artikel kali ini, lebih lengkapnya lagi silahkan disimak kelanjutannya berikut ini.

1. Kencangkan Rantai

gambar rantai kendor penyebab rantai berisik

Penyebab rantai bunyi berisik adalah rantai yang sudah mulai kendor. Semakin bertambahnya waktu dan jarak tempuh, rantai pasti akan kendor karena bergesekan dan memuai.

Karena rantai kendor inilah suara berisik pada rantai terdengar. Tentu saja cara mengatasinya hanya perlu dengan mengencangkan rantai motor. Mengencangkan rantai motor mudah sekali untuk dilakukan, kalaupun harus menggunakan jasa bengkel tarifnya hanya 5 ribuan saja.

Tapi perlu di ingat, tidak boleh terlalu kencang karena rantai motor yang terlalu kencang bisa gampang putus, tak jarang juga bisa mengakibatkan kecelakaan.

2. Melumasi Rantai

gambar rantai kering penyebab rantai berisik

Selain dengan mengencangkan rantai, mengatasi rantai berisik bisa dilakukan dengan melumasi rantai. Mengingat gear dan rantai yang bergesekan secara langsung, perlu sekali pelumas supaya meminimalisir gesekan.

Jika rantai motor kering, bisa-bisa rantai motor berkarat dan rawan putus, bus juga rantai menjadi gampang kendor dan endingnya berisik. Karena itulah kamu harus melumasi rantai secara berkala, jangan sampai kering.

Tapi perlu di ingat, jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Alih-alih bisa melumasi rantai, oli bekas akan membuat rantai kotor karena membawa kotoran bagian dalam mesin dan mudah dihinggapi oleh debu. Gunakanlah pelumas khusus rantai atau yang disebut dengan chain lube.

3. Mengganti Rantai

gambar rantai aus berisik

Jika langkah pertama dan kedua tidak manjur, maka kamu harus mengganti rantai dengan yang baru. Karena rantai berisik pada motor kamu disebabkan oleh rantai yang sudah aus dan wajib sekali untuk diganti.

Tentu saja kamu harus memilih rantai berkualitas terbaik, supaya lebih mantap disarankan untuk mengganti gear-nya sekalian. Setelah itu jangan lupa untuk selalu mengecek kekencangan rantai dan melumasinya secara berkala supaya awet dan tahan lama.

Penutup

Mudah sekali memang untuk mengatasi rantai motor yang suaranya berisik banget. Asal dilakukan sesuai anjuran, rantai motor kamu pasti akan tidak berisik lagi. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Paling Gampang Mengatasi Rantai Motor Berisik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel