8 Tips Sebelum Melakukan Touring Dengan Vespa

gambar peralatan touring Vespa lengkap

Bagi kamu yang akan melakukan touring sendirian (single rider) atau barengan dengan klub vespa tentu memerlukan persiapan terlebih dahulu.

Persiapan itu dilakukan agar perjalanan lancar dan tak ada hambatan apapun apalagi jika touring vespa dilakukan dengan jarak yang lumayan jauh.

Dalam artikel kali ini membahas tentang Tips Sebelum Melakukan Touring Dengan Vespa.

Tips Sebelum Melakukan Touring Dengan Vespa

Berikut tips hal-hal yang harus dipersiapkan bagi teman-teman vespa sebelum touring:

  1. Plan (rencana)
  2. Hal yang pertama sebelum melakukan toring vespa adalah perencanaan perjalanan. Dalam hal perencanaan kamu harus menentukan tujuan perjalanan, rute yang akan dilewati serta tempat persinggahan.

  3. Cek Kondisi Kendaraan
  4. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya cek segala kondisi vespa kamu. Pengecekan dimulai dari oli samping, kondisi busi, karburator, maupun tali-talian (persneling, gas, rem).

    Dalam pengecekan, lebih baik jika dilakukan oleh mekanik sehingga tahu spare part mana saja yang perlu diganti.

  5. Persiapan Diri
  6. Persiapan diri juga perlu dilakukan sebelum mengikuti touring vespa. Pastikan kondisi tubuh sebelum melakukan perjalanan dalam keadaan sangat prima.

    Usahakan melakukan olahraga kecil minimal seminggu sebelum touring vespa. Persiapkan juga obat-obatan yang ringan seperti P3K. Jika memiliki riwayat penyakit tertentu, bawalah obat-obatan pribadi

  7. Persiapkan Surat-Surat
  8. Persiapkan surat-surat seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Jika touring ramai-ramai siapkan surat jalan juga.

    Dengan begitu perjalanan akan lebih tenang tanpa risau jika bertemu dengan polisi.

  9. Persiapkan Alat-Alat
  10. Salah satu problem bagi vespa terutama vespa klasik adalah mogok. Meski begitu "mogok" merupakan bagian dari seni bervespa. Nah untuk masalah ini kamu harus menyiapkan peralatan untuk menanganinya sebagai langkah antisipasi kalau vespa kesayangan mogok.

    Berikut beberapa peralatan yang bisa kamu bawa:

    • Kunci busi
    • Busi cadangan
    • Tali gas, kopling, persneling
    • Oli samping
    • Obeng
    • Kunci 11, 12 dan 13
    • Tang

    Beberapa peralatan itu sebaiknya dibawa dalam perjalanan. Dan agar lebih rapi dan tidak bunyi "klotak-klotak" pada bagasi, gunakan pembungkus kain atau wadah tertentu. Jangan sampai lalai karena bisa berakibat fatal.

  11. Peralatan Komunikasi
  12. Peralatan komunikasi juga sangat perlu dan penting dibawa. Bawalah paling tidak hape, charger dll. Pastikan kondisi baterai, isi pulsa, dan data internet.

    Hal ini untuk mengantisipasi jika hal yang tidak diinginkan terjadi, kita bisa menghubungi rekan yang dapat membantu. Serta alat komunikasi digunakan untuk mengabari keluarga atau teman di perjalanan.

  13. Duit
  14. Nah inilah yang sering diabaikan bagi anak vespa. Dalam melakukan touring kita juga harus menghitung biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan, biaya makan, membeli peralatan mandi dll. Jangan sampai di perjalanan kehabisan uang nanti malah jadi merepotkan teman lain.

  15. Berdoa
  16. Nah setelah semua sudah disiapkan, mintalah ijin kepada keluarga, istri, anak. Agar dapat restu dan perjalanan menjadi lebih tenang.

    Apabila perjalanan yang akan ditempuh jauh lebih baik menghubungi teman-teman vespa lain di daerah tujuan.

Nah demikian artikel tentang Tips Sebelum Melakukan Touring Dengan Vespa. Semoga bermanfaat.

Source: suarasolo.com

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Sebelum Melakukan Touring Dengan Vespa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel