Cara Mengatasi RTD 6 Sisi Redup Pada Arus DC

gambar rtd 6 sisi redup

Jaman sekarang teknologi semakin cepat berkembang. Tak melulu soal gadget, pada kendaraan pun terjadi hal serupa. Contohnya seperti pada lampunya.

Jika dulu motor dan mobil menggunakan lampu bohlam, kini kebanyakan motor dan mobil menggunakan lampu LED yang punya banyak kelebihan.

Lampu LED memiliki kelebihan sinarnya yang tak kalah terang. Konsumsi daya lampu LED pun sangat kecil, jadi akan sangat bersahabat dengan aki motor.

Hanya saja harga lampu LED harganya lebih mahal dari lampu bohlam. Contohnya seperti lampu LED RTD 6 Sisi 25 Watt yang saya beli dari Lazada ini.

Untuk menggunakan lampu RTD 6 Sisi 25 Watt ini arus yang dibutuhkan bisa AC maupun DC. Hanya saja agar lampu bisa bekerja dengan maksimal, disarankan untuk menggunakan arus DC.

Hasilnya memang sangat terang sekali, hanya saja ada minusnya. Jika saya menghidupkan sein dan menginjak rem, lampu RTD 6 Sisi 25 Watt ini akan meredup.

Mengapa bisa demikian?

Ada banyak sekali penyebab mengapa lampu LED RTD 6 Sisi 25 Watt ini meredup saat sein hidup dan lampu rem menyala, seperti berikut ini.

1. Aki Berumur

Penyebab utama lampu LED RTD 6 Sisi meredup yang pertama adalah aki tidak kuat. Bisa jadi juga hal ini terjadi karena usia aki sudah berumur.

Solusi yang bisa kalian lakukan adalah mengganti dengan aki yang baru. Harga aki bisa didapatkan mulai dari 200 ribuan, disarankan untuk mengganti aki sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

2. Aki Tidak Kuat

Masalah lampu LED RTD 6 Sisi meredup ada arus DC ini juga bisa disebabkan oleh aki yang tidak kuat. Biasanya ini terjadi ada motor halfwafe yang hanya memodifikasi kabel saja untuk merubah arus lampu depan menjadi DC.

Solusinya adalah Menganti lampu sein dan stop dengan lampu LED. Jika dibandingkan dengan lampu bawaan yang bertipe bohlam, memang wattnya lebih kecil.

3. Lampu RTD Memiliki Watt Terlalu Besar

Seperti yang diketahui, lampu LED RTD memiliki banyak pilihan, ada yang 10 Watt, 25 Watt, 35 Watt bahkan ada juga yang dayanya lebih besar lagi. Disarankan untuk memilih lampu LED RTD dengan daya yang sesuai dengan pabrikan.

Contohnya, Yamaha Vixion memiliki Lampu standar 35 Watt. Bagi kalian yang ingin mengubahnya dengan lampu LED RTD, pilihlah yang 35 Watt. Lebih aman lagi jika memiliki lampu LED RTD dibawah 35 Watt.

Cara memperbaiki lampu LED RTD 6 Sisi meredup ini juga bisa diaplikasikan pada lampu LED merk lainnya, dengan catatan menggunakan arus DC.

Apabila lampu LED RTD 6 Sisi kalian meredup pada arus AC. Tak perlu khawatir karena hal tersebut normal mengingat arus AC mengambil daya dari Spull.

Cukup sekian bahasan penyebab dan cara mengatasi lampu LED RTD 6 Sisi meredup pada arus DC. Semoga bisa bermanfaat dan membantu, jangan lupa share ya.

Adya Razan Blogger asal Jember yang menyukai Sepakbola, Otomotif dan Teknologi.

0 Response to "Cara Mengatasi RTD 6 Sisi Redup Pada Arus DC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel