Cara Merubah Arus AC Lampu Depan ke DC di NVL

gambar cara merubah arus ac ke dc di nvl

New Vixion Lightning memang paling berbeda dengan Vixion versi lainnya. Bukan kubikasi mesinnya, atau juga desainnya, melainkan kelistrikannya.

Jika Vixion lama, new Vixion advance, all new Vixion dan Vixion R kelistrikannya sudah DC, New Vixion Lightning kelistrikannya masih AC.

Apa itu arus AC?

Arus AC adalah arus listrik yang mengambil daya dari Spull. Tak heran lampu akan semakin terang apabila motor semakin digas. Hal serupa biasanya terjadi pada motor bebek dan matik.

Perbedaan Arus AC dan DC

Seperti yang sempat dibahas pada paragraf sebelumnya, arus AC mengambil daya langsung dari Spull. Semakin di gas, semakin terang pula cahayanya.

Berbeda dengan arus AC, arus DC bersumber langsung dari aki. Cahaya lampu arus DC sangat terang, tidak bergantung pada tarikan gas motor.

Kelebihan arus AC adalah tidak terlalu membebani aki. Tak heran aki bisa berusia lama alias tidak tekor meski digunakan bertahun-tahun.

Dibalik kelebihan nya, ternyata ada juga kekurangan dari kelistrikan AC. Bagi kalian yang ingin menggunakan lampu LED, projie dan HID, kalian harus merubah kelistrikannya menjadi DC terlebih dahulu.

Merubah kelistrikan New Vixion lightning menjadi DC ada banyak caranya. Yang paling sempurna adalah dengan menggulung ulang Spull.

Kalian juga bisa mengganti kiprok bawaan New Vixion lightning menggunakan kiprok DC bawaan motor lainnya, seperti kiprok Tiger dan kiprok nmax.

Memang kedua cara mengubah new Vixion lightning menjadi berarus DC tersebut butuh biaya mahal. Bukan hanya mahal saja, rumit untuk melakukannya.

Tapi tenang saja, ternyata ada cara membuat lampu depan New Vixion lightning menjadi DC Dengan cara yang mudah dan biaya yang murah.

Cara Mudah Ubah Arus AC jadi DC pada New Vixion Lightning


Yang perlu kalian sediakan adalah kabel, solusi dan gunting. Untuk melakukannya, brosis tinggal mengikuti petunjuk berikut ini:

1. Silahkan buka jok New Vixion lightning kalian.
2. Setelah itu silahkan buka soket kiprok yang ada di sebelah kanan, silahkan lepas kabel berwarna kuning.
3. Sambung kabel warna kuning tersebut dengan kabel yang sudah sediakan tadi.
4. Sambungkan kabel tersebut ke soket flasher yang berpasangan dengan 2 kabel berwarna cokelat.
5. Pastikan sambungan kuat dan aman.
6. Silahkan coba hidupkan kunci kontak.
7. Jika lampu depan kalian nyala seketika, Selamat lampu depan new Vixion lightning kalian sudah berarus DC.
8. Selesai

Memang sangat mudah sekali untuk mengubah arus lampu depan new Vixion lightning menjadi berarus DC. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca.


Adya Razan Blogger asal Jember yang menyukai Sepakbola, Otomotif dan Teknologi.

0 Response to "Cara Merubah Arus AC Lampu Depan ke DC di NVL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel